Minggu, 25 Juli 2010

Lost in INDIA




Setelah sekian lama gk terurus skr pengen nyoba merawat blog ane satu ini..maap ya blogspot br sempet sekarang nengokin lagi hehe..

Gw mo cerita pengalaman ku waktu tugas luar negeri ke india. Pada bulan juli 2009 Gw mendapat tugas LN pertama ke india. Kebetulan perusahaan tempatku bekerja mau beli produk crabmeat dari india tepatnya di Visakhapatnam Andra Pradesh so tugasku buat inspeksi dan sebagai advisor untuk persiapan expor perdana dari sana.

Setelah urusan tiket, paspor dan visa kelar gw lgs cabut ke bandara Cengkareng. Deg degan juga rasanya mo ke LN pertama kali sendirian lagi wah seneng dan gugup campur aduk deh. Gw terbang pake Malaysia Airlines tujuan Chennai connecting dr CGK - KUL - MAA. Sialnya flight gw dicancel dan digabung dengan flight berikutnya so gw gak bisa connect dgn flight KUL-MAA yang berangkat jam 10 mlm wkt setempat. So gw mesti stay satu malam di KL dan dpt flight pengganti paginya pake India Airlines.
Memang semuanya ditanggung pihak Malaysia Air so setelah sampai di KLIA gw digiring sama officernya untuk stay di Pan Pacific Hotel KL. Lumayan hotel mewah 4 star masih satu komplek dgn KLIA.
Kesan pertama mendarat di KL int Airport megah dan canggih interiornya mewah dan full fasilitas beda jauh sama Bandara Soekarno-Hatta di indo. Paginya setelah breakfast gw langsu dijemput sama pihak Malaysia Air dan dianter untuk check in tiket di india airlines. Begitu masuk pesawatnya gw kecewa banget karena pesawatnya kecil kaya pesawatnya Mandala jur jkt semarang hehe udah gitu pramugarinya tuir-tuir bener2 level pesawat plat merah. Dalam pesawat kayanya orang indo cm gw doang lainnya org india yg item2 dan ibu2 dengan perut gelambir pake sari yg baunya minta ampun. Setelah 4 jam penerbangan akhirnya nyampe juga di bandara Chennai. Gila bandaranya kumuh banget bangunannya tua dan masih banyak renovasi dan paling ngeri banyak burung gagak sliweran dimana-mana. Disitu gw dijemput sama org lokal namanya Mr. Packyam. Kota chennai kelihatan semrawud motor lalu lalang sana sini dan gk ada yg pake helm. Bus nya tua tua dan bangunannya jg kumuh pokoknya gk ada menariknya deh. Di chennai gw stay satu malem soalnya besok gw mesti terbang lagi ke Visag tempat packer gw berada. Esok paginya gw dah sampai di bandara dan dianter dengan staff sana pake flight domestik Kingfisher tujuan Visakhapatnam.
Setelah terbang selama 1 jam sampailah gw di kota Visaq disambut oleh Mr. Timothy pimpinan perusahaan lokal sana. Gw tinggal di visag selama hampir satu bulan. Cuacanya kebetulan lagi musim hujan shg agak bersahabat tapi kl masuk bulan maret-mei suhu udaranya bs mencapai 45 derajat celcius. Gw tinggal di Orange Hotel per malemnya 1250 Rupee hotelnya lumayan bersih dan nyaman.
Yang bikin masalah selama gw di india adalah makanannya sangat tidak bersahabat dgn lidah org indo. Kare di india rata-rata bumbu nya sangat kental dan smelnya menyengat kl tidak terbiasa bikin sakit perut.Gw cm tahan seminggu makan makanan lokal sana stlah itu udah gak nahan lagi akhirnya kl pagi gw cmn makan roti selai dan kopi susu kemudian lunchnya gw beli sandwich Subway sama sebotol jus jeruk kl dinnernya gw cm cocok sama nasi goreng ala india plus plain fried egg. Makanan lainnya nehi nehi deh. Rata-rata orang yg tinggal di daerah Andra pradesh didominasi suku telugu dan bahasanya telugu juga beda banget sama bahasa hindi yg di pake di film india itu. Kalo di film india orgnya putih and cakep tp kl di Andra pradesh hmmm...jauh benerr item dan jadul hehe..gw serasa hidup di jaman pilemnya Benyamin S baik model pakaiannya dan mobil2nya hehe.. Tapi yang gw salut rata-rata org india penguasaan bahasa inggrisnya sangat baik. Dr anak kecil sampai tukang bajaj kl urusan cas..cis..cus lancar abiss mgk cm logatnya aja yg bikin agak susah dicerna.

Setelah ekspor perdana lancar akhirnya saatnya pulang tlah tiba. Duuh senengnya rasanya udah pengen ngrasain tahu tempe lagi. Bener-bener deh kl ada pepatah hujan emas di negeri org lebih enak hujan batu di negeri sendiri itu memang ada benarnya. Akhirnya dari Visaq gw terbang ke chennai pakai Kingfisher lagi. Yang paling gw suka dr maskapai ini adalah pramugarinya itu loh muda dan cantik pastinya persis kaya Kajol hehe tp yang gw gak suka pesawatnya kecil pake baling2 jenis ATR gitulah kadang goyangannya keras bikin kepala pening beda banget sama pesawat boeing 737 yang sering dipakai maskapai tanah air. Tapi untungnya seat pramugarinya didepan dan menghadap penumpang jd pusing2 dikepal agak berkurang malah jd pusing mikirin yg engga2 xixixi..
SAmpainya di chennai gw mesti stay 3 hr lg krn lagi2 pesawat Malaysia Airline di cancel lagi so gw sempatin bwtjalan jalan di chennai. Begitu flightnya udah konfirm akhirnya bisa pulang juga dr india rasanya legaa banget. Gw brgkt dr chennai pkl 00.05 waktu setempat dan sampai di KL pkl 07.45 pagi. Sesampainya di KLIA serasa bertemu peradaban milenium lagi banyak cewek2 bening bersliweran dgn pakaian yg mini2 gk pake saree lagi. Setelah transit selama 7 jam (gila lama banget ya) sebenrnya gw pengen berpetualang ke Kuala Lumpur for a while tp berhubung tkt nyasar dan tkt ketinggalan pesawat akhirnya gw ngendon di KLIA doang. Akhirnya pkl 13.55 flight MH 721 terbang juga ke tanah air dan sampai Jkt pkl 15.00 Rasanya sumringah ketika kaki gw nginjek tanah Indonesia lagi..sumpah seneeeng banget! Buat temen-temen yg baru pertama kali ke india hal pertama yg musti disiapin adalah makanan. Mau mie instant, abon, sarden pokonya apa aja br perut kita gk menderita kaya gw. OK samapi disini dulu yaa gw masih banyak catatan perjalanan yg blum diposting. Cheers..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar